Tujuan, Manfaat dan Fungsi Analisis SWOT
1. Tujuan
Analisis SWOT
Analisis SWOT
mengarahkan analisis strategi dengan cara memfokuskan perhatian pada kekuatan (strengths),
kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities) dan ancaman (threats)
yang merupakan hal yang kritis bagi keberhasilan perusahaan. Maka perlunya
identifikasi terhadap peluang dan ancaman yang dihadapi serta kekutan dan
kelemahan yang dimiliki perusahaan melalui telaah terhadap lingkungan usaha dan
potensi sumber daya perusahaan dalam menetapkan sasaran dan merumuskan strategi
perusahaan yang realistis dalam mewujudkan misi dan visinya.
Maka tujuan
analisis SWOT pada perusahaan adalah untuk membenarkan faktor-faktor
internal dan eksternal perusahaan yang telah dianalisis. Apabila
terdapat kesalahan, agar perusahaan itu berjalan dengan baik maka perusahan itu
harus mengolah untuk mempertahankan serta memanfaatkan peluang yang ada secara
baik begitu juga pihak perusahaan harus mengetahui kelemahan yang dihadapi agar
menjadi kekuatan serta mengatasi ancaman menjadi peluang.
2. Manfaat Analisis SWOT
Analisis SWOT
bermanfaat apabila telah secara jelas ditentukan dalam bisnis apa perusahaan
beroprasi, dan arah mana perusahaan menuju ke masa depan serta ukuran apa saja
yang digunakan untuk menilai keberhasilan manajemen dalam menjalankan misinya dan mewujudkan visinya.
Manfaat dari analisis SWOT adalah merupakan strategi bagi para stakeholder untuk
menetapkan sarana-sarana saat ini atau kedepan terhadap kualitas internal
maupun eksternal.
3. Fungsi Analisis SWOT
Ketika suatu
perusahan mengorbitkan suatu produk tentunya pasti telah mengalami proses
penganalisaan terlebih dahulu oleh tim teknis corporate plan. Sebagian
dari pekerjaan perencanaan strategi terfokus kepada apakah perusahaan mempunyai
sumber daya dan kapabilitas memadai untuk menjalankan misinya dan mewujudkan
visinya. Pengenalan akan kekuatan yang dimiliki akan membantu perusahaan untuk
tetap menaruh perhatian dan melihat peluang-peluang baru. Sedangkan penilaian
yang jujur terhadap kelemahan-kelemahan yang ada akan memberikan bobot realisme
pada rencana-rencana yang akan dibuat perusahaan.
Maka, fungsi
dari analisis SWOT adalah untuk menganalisa mengenai kekuatan dan kelemahan
yang dimiliki perusahaan yang dilakukan melalui telaah terhadap kondisi
internal perusahaan, serta analisa mengenai peluang dan ancaman yang dihadapi
perusahaan yang dilakukan melalui telaah terhadap kondisi eksternal perusahaan.
Tidak hanya
organisasi profit yang memerlukan pemasaran tetapi organisasi
non-profit
juga memerlukan pemasaran guna meningkatkan pemasukan dan upaya
yang akan
dicapai. Terdapat 2 pengertian pemasaran menurut Kotler dan Armstrong
(2010) dari
sudut pandang sosial dan manajer pemasaran : 16
1. Sudut
pandang sosial
Pemasaran adalah proses untuk bersosialisasi yang
dimana individu-individu dan kelompok-kelompok mendapatkan apa yang mereka
butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, permintaan, dan kebebasan dalam
menukar nilai produk dan jasa dengan yang lain.
2. Sudut
pandang manajer pemasaran
Seni untuk menjual produk dimana pemasaran mengetahui
dan mengerti konsumen dengan baik sehingga produk atau pelayanan yang
diciptakan tepat untuk konsumen dan terjual dengan sendirinya. Dan seiring
perkembangan waktu maka konsep pemasaran juga mengalamiperubahan. Lima konsep
dasar pemasaran menurut Kotler dan Keller (2006) :
1. Konsep
Produksi
Konsep produksi adalah konsep pertama didunia bisnis.
Dimana konsumenkonsumen akan memilih produk yang tersedia dan tidak mahal.
Manajer produksi berorientasi pada pencapaian efisiensi produk, biaya rendah
dan distribusi.
2. Konsep
Produk
Konsep produk dimana konsumen akan meminta produk yang
paling berkualitas, memiliki peforma atau fitur yang inovatif. Manajer yang
fokus pada konsep ini membuat produk yang superior dan terus di tingkatkan dari
waktu ke waktu. Produk yang baru atau produk yang baru ditingkatkan belum tentu
sukses tanpa penetapan biaya, distribusi, pengiklanan dan penjualan yang tepat.
3. Konsep
Penjualan
Konsep penjualan menetapkan penjualan yang agresif dengan
upaya promosi, dimana jika tidak diterapkan maka produk tidak akan terjual
secara memuaskan.
4. Konsep
Pemasaran
Falsafah pemasaran yang berkeyakinan bahwa pencapaian
sasaran organisasi
tergantung
pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan penyampaian
kepuasan lebih
efektif dan efisien daripada pesaing.
5. Konsep
Pemasaran Sosial
Dimana organisasi harus menentukan kebutuhan,
keinginan, dan minat pasar
sasaran dan
menyerahkan kepuasan yang didambakan itu secara lebih efektif dan
efisien
daripada pesaing dengan cara yang bersifat memelihara atau memperbaiki
kesejahteraan
konsumen dan masyarakat.
2.3 KERANGKA PEMIKIRAN
Didunia bisnis di Indonesia timbul begitu banyak
persaingan dibidang usaha dan industri. Banyak terjadi perubahan dan ketidakpastian
dilingkungan perusahaan. Keadaan ini memaksa perusahaan untuk lebih baik dalam
merencanakan dan merumuskan strategi bersaing, agar bertahan dalam pusar
persaingan masa kini, dengan cara memperhatikan perubahan-perubahan lingkungan
yang dapat mempengaruhi kinerja pemasaran perusahaan. Oleh sebab itu perlu bagi
perusahaan melakukan analisis SWOT (Strength, Weakness, Oppurtunity, and
Threat) dalam menentukan strategi pemasaran. Dimana analisis ini terdiri dari 2
variabel analisis, yaitu analisis faktor internal yang terdiri dari kekuatan
dan kelemahan, dan analisisi eksternal yang terdiri dari peluang dan ancaman.
Analisis yang dilakukan ini memungkinkan perusahaan mengetahui posisi
bersaing serta
memilih strategi pemasaran yang berdaya saing pula. Lingkungan Perusahaan Yang berubah-ubah
Analisis SWOT Analisis Internal Analisis Eksternal Posisi Perusahaan Strategi
Perusahaan yang berdaya saing
bagus coy..
BalasHapustapi templatenya mohon di perbaiki....
dan mogga berkembang ja blognya..
jangan lupa kunjungi juga ..
aslansolidarity.blogspot.com
Baik akan saya perhatikan.
HapusTolong Tamabah Referensinya
BalasHapusHaiii Coffeeholic,
BalasHapusBrown Coffee Medan
Menjual Bubuk kopi pilihan Arabika dan Robusta
tersedia dalam 3 varian
1. Brown Coffee Exclusive
2. Brown Coffee Prime
3. Brown Coffee Ordinary
Info lebih lanjut Hub:
Tlp : 0822-9811-3919
Instagram : @browncoffeemdn
Terima Kasih.
Mantap Bosku Cek : TukangBisnis.com
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusJancok
BalasHapusKui fikri
BalasHapusSk komen Fikri cah kretek
BalasHapusApang
BalasHapusMantan jiwa
BalasHapusMantap jiwa
BalasHapusAnalisis SWOT adalah analisis yang penting dilakukan pada perusahaan untuk menentukan penyusunan strategi, penjualan produk, maupun ide bisnis baru.
BalasHapus